Categories


Authors by 

Sidebeep Blog Team

Bagaimana Caranya Menjadi Photographer Yang Handal?

Bagaimana Caranya Menjadi Photographer Yang Handal?

Hampir kebanyakan photographer mengawali karirnya dari hobi. Mereka membeli kamera pertamanya hanya karena keisengan semata, kemudian mulai mengambil beberapa fotodan merasakan ini adalah dunia mereka. Perlahan hobi tersebut berubah menjadi passion, bahkan memberikan penghasilan yang mencukupi bagi mereka untuk membeli perangkat photography yang lebih canggih. Jadi bagaimana caranya seorang pemula yang hanya menghandalkan hobi, kemudian berubah menjadi photographer yang handal?

 

1. Meningkatkan skill dalam bidang photography

Beberapa dari photographer pemula memilih untuk mengambil kursus, dan sisanya memilih untuk belajar secara otodidak melalui tutorial yang banyak tersedia di internet. Selain itu ada banyak sekali buku-buku mengenai pembahasan dunia photography yang bisa sangan membantu mereka. Selama kamu percaya bisa menjadi seorang photographer yang handal, maka hal itu akan terwujud.

 

Via Pexels

 

2. Membeli perlengkapan yang memadai

Perlengkapan photography memang sangat mahal, terutama kamera dan lensa. Namun untuk kualitas yang lebih baik maka kamu harus memilikinya. Kamu bisa menabung secara perlahan untuk membeli perlengkapan photography yang memadai. Beberapa perelengkapan bekas dari photographer lainnya juga cukup menggiurkan untuk dibeli.

 

Via Pexels

 

3. Menguasai pengaturan dalam kamera

Sebelum memulai sesi foto berbayar, kamu harus memahami semua pengaturan kamera, kendala-kendala yang biasa terjadi, kelebihan serta kekurangan kamera, cara mengganti lensa, dan lainnya. Tidak menguasai kamera secara baik menandakan bahwa kamu kurang profesional dan bisa mengurangi kualitas foto kamu.

 

Via Pexels

 

4. Belajar cara mengedit foto menggunakan software

Bahkan foto terbaik sekalipun pasti memerlukan editing menggunakan software tertentu agar menjadi lebih sempurna. Sebagai seorang photographer yang handal, setidaknya kamu mengetahui dasar-dasar mengedit foto menggunakan software komputer. Namun client biasanya tidak menyukai foto yang diedit secara berlebihan.

 

Via Pexels

 

5. Berlatih memotret demi portofolio

Agar orang tertarik menggunakan jasa photography kamu, maka sediakanlah beberapa portofolio yang bisa meyakinkan mereka. Kamu bisa berlatih memotret sesering mungkin untuk mendapatkan hasil foto yang beragam. Selain demi membangun portofolio, kemampuan kamu dalam bidang photography juga akan meningkat.

 

Via Pexels

 

6. Internship dengan seorang photographer profesional

Jika kamu memang benar-benar amatir dalam dunia photography, maka kamu bisa mengambil intership dengan seorang photographer profesional. Walapun terkadang hanya membantu mebawakann perlengkapan dan mensetting lokasi photography, tapi kamu akan belajar banyak hal dari seorang photographer profesional.

 

Via Pexels

 

7. Memulai bisnis photography

Sudah yakin dengan kemampuan photography yang kamu miliki? Kini saatnya bagi kamu untuk membuka jasa photography berbayar. Buatlah website untuk protofolio kamu, promosikan jasa photography yang kamu sediakan, dan tentukan juga tarif yang tidak terlalu mahal. Selain itu media sosial bisa menjadi cara terbaik untuk menunjukan protofolio dan mempromosikan diri kamu. Namun jika ingin lebih mudah, kamu bisa coba mendaftar berapa proyek freelance yang banyak tersedia di internet.

 

Via Pexels

 

Bagaimana menurut kamu? Bukankah cara di atas terdengar mudah untuk dilakukan? Jadi, saatnya bagi kamu para photographer pemula untuk belajar menjadi seorang yang handal dalam dunia photography.

Melatih Binatang Kesayangan Kamu Dengan Merekrut Pet Trainer (Pelatih Binatang)

Melatih Binatang Kesayangan Kamu Dengan Merekrut Pet Trainer (Pelatih Binatang)

Self Defense (Bela Diri) Yang Baik Untuk Para Wanita

Self Defense (Bela Diri) Yang Baik Untuk Para Wanita