Categories


Authors by 

Sidebeep Blog Team

3 Kondisi yang Menentukan Apakah Anak Butuh Guru Les atau Tidak

3 Kondisi yang Menentukan Apakah Anak Butuh Guru Les atau Tidak

Seorang anak mungkin mengalami masalah tertentu yang berkaitan dengan kemampuannya dalam menyerap berbagai macam ilmu dan pelajaran di sekolah. Hanya saja para orang tua jangan buru-buru khawatir dan menganggap anaknya bodoh.

 

Setiap masalah ada penyebabnya, begitu pula ketika seorang anak mengalami kesulitan ketika belajar. Yang perlu orang tua kenali adalah penyebab mengapa masalah tersebut muncul, dan kemudian mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Mungkin ada kalanya orang tua mesti mendampingi anaknya ketika sesi belajar dimulai, tujuannya supaya orang tua bisa memahami betul apa sebab anaknya mengalami kesulitan belajar.

 

Namun ada kalanya orang tua tidak bisa melakukannya karena berbagai macam alasan. Salah satunya adalah karena kesibukan dan jadwal padat yang menyebabkannya tidak mampu untuk menyediakan waktu luang untuk belajar bersama anak. Jika demikian kasusnya, orang tua kemudian cenderung menyerahkan segalanya perihal teman belajar kepada guru les atau siapapun yang dianggap memiliki kemampuan untuk mendidik anak. Apakah cara ini adalah solusi terbaik?

 

Guru les hanya perlu dihadirkan bila orang tua mengalami beberapa kondisi di bawah ini:

 

1) Bila orang tua ingin mengetahui bakat terpendam sang anak

 Via pixabay

Via pixabay

 

Ketika masih usia kanak-kanak, ada baiknya anak diberikan sejumlah les, mulai dari les piano, les menari, les berenang, les bela diri, les vokal, dan lain sebagainya. Ini dilakukan supaya orang tua tahu bakat apa saja yang dimiliki anaknya dan bisa dikembangkan di masa depan. Akan tetapi jangan sampai mewajibkan anak untuk mengikuti semua jenis les yang tersedia.

 

2) Bila tujuan les sudah ditetapkan sebelumnya

 Via pixabay

Via pixabay

 

Apakah les dimaksudkan untuk memperbaiki kebiasaan anak dalam belajar, ataukah untuk memaksa seorang anak untuk meraih prestasi tertentu. Tentukan tujuan les dengan baik. Jangan sampai mengikutkan anak ke dalam les hanya demi gengsi atau ikut-ikutan tren komunitas ibu-ibu yang memberikan les untuk anaknya hanya karena ingin seorang anak memiliki banyak bakat.

 

3) Les hanya dibutuhkan untuk melatih anak

 

 Via pixabay

Via pixabay

Les bukan bertujuan untuk membentuk kepribadian dan bukan pula bertujuan untuk membuat anak menjadi jenius. Les sebetulnya lebih dimaksudkan untuk melatih seorang anak dalam menghadapi berbagai macam materi sekolah yang sudah diajarkan sebelumnya. Dalam sebuah sesi les, seorang anak bisa dilatih untuk lebih memahami berbagai macam materi sekolah yang diajarkan. Dengan demikian, les sebetulnya lebih ditujukan untuk mengembangkan kemampuan dan daya tangkap anak.

Mempelajari Yoga Secara Mandiri itu Mudah

Mempelajari Yoga Secara Mandiri itu Mudah

Kenali 4 Hal Penting Sebelum Memilih Personal Trainer

Kenali 4 Hal Penting Sebelum Memilih Personal Trainer