Categories


Authors by 

Sidebeep Blog Team

Belajar Berenang Dengan Berbagai Macam Gaya Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Belajar Berenang Dengan Berbagai Macam Gaya Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Menurut Wikipedia, berenang adalah gerakan yang kamu lakukan sewaktu berada di dalam air. Kegiatan ini juga bisa dianggap sebagai rekreasi dan olahraga. Dianggap sebagai olah raga karena ketika berenang seluruh otot kamu terpakai sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu berenang juga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh terutama bagi penderita obesitas, gangguan persendian dan ibu hamil. Beberapa manfaatnya yaitu untuk meningkatkan kerja jantung dan paru-paru, melatih pernapasan, menambah tinggi badan dan menghilangkan stress.

 

Ada beberapa gaya renang yang bisa kamu pelajari, masing-masing gaya memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing bagi tubuh kamu.

 

1. Gaya Bebas

 

Via Enjoy-swimming

 

Jika kamu ingin menjadi yang tercepat ketika berenang maka gunakan gaya bebas. Berenang dengan gaya bebas terbilang mudah, kamu harus memposisikan seluruh anggota badan dalam satu garis lurus dengan kedua tangan bergerak kedepan dan belakang secara bergantian. Selain itu kedua kaki kamu juga harus lurus dan kemudian digerakan secara bergantian.

 

Dengan berenang menggunakan gaya bebas, kamu bisa melatih otot bahu, perut, kaki dan tangan, melatih pernafasan, serta meningkatkan stamina.

 

2. Gaya Dada

 

Via Enjoy-swimming

 

Mungkin kamu lebih mengenalnya sebagai gaya katak, karena memang gerakannya seperti katak yang sedang berenang di dalam air. Jika kamu berenang dalam jarak yang jauh dan tidak memperdulikan waktu maka bisa menggunakan gaya dada.

 

Ketika berenang menggunakan gaya dada, maka kamu bisa membentuk otot pinggul dan dada serta melenturkan dan membentuk otot bahu agar lebih tegap.

 

3. Gaya Kupu-Kupu

 

Via Enjoy-swimming

 

Pada dasarnya gaya kupu-kupu adalah modifikasi dari gaya dada. Sesuai namanya maka gerakannya menyerupai kupu-kupu yaitu dengan mengayunkan kedua lengan ke depan ketika tubuh keluar dari dalam air. Beberapa perenang mengaku bahwa gaya kupu-kupu adalah gaya renang yang paling sulit untuk dilakukan, karena gerakannya membuat badan cepat lelah.

 

Tapi jika berenang menggunakan gaya kupu-kupu maka kamu bisa melatih otot perut, dada, bahu dan kaki serta melatih stamina tubuh.

 

4. Gaya Punggung

 

Via Enjoy-swimming

 

Gaya renang terakhir yang bisa kamu pelajari adalah gaya punggung. Sebenarnya gerakan dari gaya punggung hampir mirip dengan gaya bebas, namun bedanya posisi tubuh terlentang menghadap keatas dengan bagian punggung sedikit tenggelam di air. Manfaat dari gaya punggung adalah untuk melatih otot lengan dan bahu serta membentuk otot pada bagian paha dan kaki.

 

Sekarang kamu sudah mengetahui berbagai macam gaya dalam berenang. Maka segera praktekan secepatnya demi mendapatkan manfaat dari masing-masing gaya renang tersebut. 

Kenali 4 Hal Penting Sebelum Memilih Personal Trainer

Kenali 4 Hal Penting Sebelum Memilih Personal Trainer

Melatih Binatang Kesayangan Kamu Dengan Merekrut Pet Trainer (Pelatih Binatang)

Melatih Binatang Kesayangan Kamu Dengan Merekrut Pet Trainer (Pelatih Binatang)