Categories


Authors by 

Sidebeep Blog Team

Manfaat Pole Dancing Bagi Tubuh Anda

Manfaat Pole Dancing Bagi Tubuh Anda

Meski dulunya pole dancing kurang populer di Indonesia, namun saat ini pole dancing adalah aktivitas olahraga yang banyak digemari karena memiliki segudang manfaat. Pole dancing atau yang disebut juga tari tiang ini adalah sebuah olahraga yang memadukan keindahan gerakan tari dan senam dengan menggunakan tiang sebagai alat bantunya. Pole dance pertama kali muncul di Amerika pada tahun 1920.

Sebagian orang menganggap pole dancing sama dengan tarian erotis yang banyak dipertunjukkan di club atau bar. Padahal anggapan tersebut sama sekali tidak benar, karena nyatanya pole dancing sangat berbeda dengan tarian erotis itu sendiri. Pole dancing jauh dari kesan erotis dan memang murni seni tari yang dipadukan dengan gerakan senam.

Stamina, kekuatan tubuh dan daya tahan adalah syarat mutlak yang wajib dimiliki oleh mereka yang tertarik mempelajari pole dancing. Karena dalam pole dance banyak sekali gerakan-gerakan ekstrim seperti mengangkat tubuh hingga sejajar dengan lantai atau gerakan terbalik yang bertumpu pada tiang. Karenanya jelas terlihat bahwa pole dancing lebih identik dengan olahraga daripada tarian erotis.

Di dunia, pole dance sudah dikompetisikan dalam taraf olimpiade. Hal ini menunjukkan bahwa pole dance memang memiliki banyak peminat. Cina dan Jepang adalah negara Asia dengan peminat pole dancing terbanyak bahkan menjadi anggota dalam World Pole Dance.

Jangan mengira bahwa pole dancing hanya bisa dilakukan oleh pesenam profesional atau penari, orang awam pun bisa melakukan gerakan pole dance asalkan berlatih secara intensif selama beberapa bulan sesuai waktu yang ditentukan.

Pole dancing memiliki banyak manfaat untuk melatih kekuatan tubuh secara keseluruhan, di antaranya :

1.     Meningkatkan fleksibilitas

Setiap gerakan pole dancing memiliki tantangan tersendiri dan itu akan meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda. Tingkat kesulitannya dapat diatur sedemikian rupa sesuai kemampuan masing-masing. Dan perlahan namun pasti tubuh Anda akan menjadi lebih fleksibel sehingga bisa menaklukkan gerakan yang sulit dari hari ke hari.

 Via Pixabay

Via Pixabay

 

2.     Latihan kardiovaskular

Gerakan pole dancing termasuk dalam jenis latihan kardiovaskular. Anda bisa membakar sekitar 250 kalori sambil bersenang-senang. Latihan kardio sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

 Via Pixabay

Via Pixabay

 

3.     Meningkatkan kekuatan otot

Berlatih pole dancing semakin lama akan semakin meningkatkan kekuatan otot Anda. Dengan latihan rutin, pada akhirnya Anda akan mampu menanggung berat badan sendiri pada tiang tanpa bantuan alat-alat lainnya lagi.

 Via Unsplash

Via Unsplash

Sebagai pemula, latihan ini memang cukup berat karena kemungkinan terjatuh atau cedera sangat besar. Karenanya, jangan lakukan pole dancing secara sembarangan, cobalah mencari pelatih/trainer yang tepat dan berpengalaman untuk mengajarkan Anda gerakan demi gerakan sesuai ketentuan. Pelatih juga akan membantu Anda menguasai teknik-tekniknya secara bertahap sehingga tidak melebihi batas kemampuan yang Anda miliki.

Membaca sekilas penjelasan tentang pole dancing dan bagaimana manfaatnya bagi kekuatan tubuh, tertarikkah Anda untuk mencobanya?

Berlatih Skateboard Untuk Menjadi Keren Di Antara Temanmu

Berlatih Skateboard Untuk Menjadi Keren Di Antara Temanmu

Menjadi Disc Jockey (DJ) Dan Dikenal Orang Banyak

Menjadi Disc Jockey (DJ) Dan Dikenal Orang Banyak