Categories


Authors by 

Sidebeep Blog Team

Tips Berlatih Bermain Bulu Tangkis

Tips Berlatih Bermain Bulu Tangkis

Berlatih bermain bulu tangkis atau badminton memang menyenangkan. Karena permainan ini dikenal sangat fleksibel dan mudah dimainkan siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bulu tangkis juga tidak membutuhkan banyak alat permainan, cukup raket, shuttlecock (kok) dan jaring atau net. Agar lebih nyaman, pemain bisa menggunakan sepatu khusus bulu tangkis untuk membuat langkah semakin ringan dan mantap.

Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga yang menggunakan raket dan bisa dimainkan oleh dua orang atau dua pasangan yang saling berlawanan. Permainan bulu tangkis mirip dengan tenis, dimana tujuannya memukul bola permainan atau kok melewati jaring hingga jatuh di bidang permainan lawan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Meski diminati berbagai kalangan, nyatanya banyak yang belum tahu bagaimana berlatih bermain bulu tangkis yang benar. Nah, jika Anda tertarik dengan permainan ini dan ingin lebih serius berlatih, berikut beberapa hal utama yang harus Anda kuasai.

1.      Menguasai teknik dasar

Pertama-tama, Anda harus menguasai teknik dasar permainan bulu tangkis yaitu :

·        Cara memukul kok

Pastikan Anda memukul kok dengan tepat di bagian tengah agar pukulan Anda tepat pada sasaran dan tidak melenceng dari perkiraan.

·        Cara memegang raket

Meski terlihat mudah, namun memegang raket bulu tangkis harus benar sehingga tidak membuat pergelangan tangan Anda cedera. Ada 3 cara memegang raket yaitu pegangan forehand (seperti orang bersalaman), pegangan backhand (mirip pegangan forehand hanya lebih jauh seperempat putaran ke kanan), pegangan pukul kasur (ibu jari dan jari telunjuk saling menempel).

·        Cara berdiri

Cara berdiri yang benar adalah dengan kedua kaki terbuka dan badan sedikit membungkuk dalam posisi siap. Jangan lupa, setiap kali Anda selesai melakukan pukulan segeralah kembali ke tengah agar lebih siap menerima umpan dari lawan.

 

2.     Mempelajari kelemahan lawan

Dalam berbagai permainan, mempelajari kelemahan lawan merupakan strategi jitu untuk memenangkan pertandingan. Begitu juga dalam permainan bulu tangkis. Belajarlah bagaimana membaca kelemahan lawan selagi Anda bertanding. Apakah dia pemain yang suka menyerang atau bertahan? Apakah forehand atau backhand yang sering dilakukan? Apakah gerak kakinya lambat dan sebagainya.

 

Mempelajari kelemahan lawan bisa dilakukan secara langsung di lapangan bulu tangkis ketika Anda menyelesaikan tahapan-tahapan permainan, namun Anda harus tahu bagaimana cara yang tepat membaca permainan lawan ini.

 

3.      Menguasai teknik lanjutan

Setelah Anda menguasai teknik dasar permainan bulu tangkis dan membaca permainan lawan, berikutnya Anda juga wajib menguasai teknik lanjutan. Teknik ini berupa pukulan pada kok hingga lawan kewalahan, seperti pukulan sekitar net, pukulan tepat di tengah lapangan, bagaimana melakukan smash dan sebagainya. Teknik lanjutan dapat Anda kuasai dengan rajin berlatih hingga permainan Anda semakin berkembang setiap harinya.

Bermain bulu tangkis memang mudah dan bisa dilakukan semua orang, namun tidak banyak orang mampu melakukannya dengan baik dan benar termasuk menguasai teknik permainan. Jadi bagi Anda yang tertarik menekuninya secara profesional dan bukan hanya bermain asal-asalan, disarankan untuk mencari pelatih/trainer yang tepat dalam olahraga bulu tangkis.

Pelatih akan membimbing Anda setahap demi setahap mulai dari tingkat pemula hingga Anda mampu bermain secara profesional. Di bawah bimbingan pelatih/trainer yang tepat, Anda tidak akan menemui banyak kesulitan mempelajari dan mempraktekkan setiap teknik dan strateginya. Selamat berlatih!

Macam-Macam Trik Menjadi Bartender Yang Keren

Macam-Macam Trik Menjadi Bartender Yang Keren

Macam-Macam Latihan Cardio

Macam-Macam Latihan Cardio