Categories


Authors by 

Sidebeep Blog Team

Macam-Macam Trik Menjadi Bartender Yang Keren

Macam-Macam Trik Menjadi Bartender Yang Keren

Menjadi seorang bartender adalah profesi yang banyak diminati kalangan muda. Selain menyenangkan, bartender yang berhadapan langsung dengan pelanggan akan mendapatkan banyak hal seperti pengetahuan, penghasilan dan mengenal karakter seseorang. Tak heran jika profesi bartender mulai marak beberapa tahun terakhir ini.

Bartender atau ahli meracik minuman beralkohol di bar, tak hanya sekedar piawai meracik minuman sesuai permintaan pelanggan. Namun lebih dari itu, dibutuhkan kepekaan untuk memahami sejarah di balik suatu jenis minuman beserta ingredient-nya, memprediksi bagaimana rasanya setelah dicampurkan termasuk menebak minuman apa yang diinginkan pengunjung dari bahasa tubuh mereka.

Seorang bartender juga dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan tamu, mengedukasi mereka tentang sejarah dan filosofi minuman yang sedang dibuatnya serta memberikan saran tentang minuman apa yang paling tepat untuk tamu pada saat itu.

Nah, jika Anda tertarik untuk menekuni profesi bartender, berikut macam-macam latihan menjadi bartender hebat yang perlu Anda kuasai.

1.     Latihan menguasai jenis-jenis gelas dan alat-alat bar

Seorang bartender diwajibkan untuk menguasai jenis-jenis gelas agar dapat menyajikan minuman pada gelas yang tepat. Jangan sampai menyajikan minuman wine dalam rock glass contohnya. Selain itu penguasaan alat-alat bar mutlak diperlukan seperti strainer, boston, muddler, jigger dan sebagainya agar dapat menggunakannya sesuai fungsi.

2.     Latihan menguasai teknik-teknik meracik minuman

Bartender juga wajib menguasai teknik-teknik dasar meracik minuman seperti :

  • Flairing yaitu meracik minuman dengan juggling
  • Mixiologi yaitu meracik minuman sendiri dengan rasa tertentu
  • Stirred yaitu mengaduk dua bahan atau lebih hanya agar tercampur rata saja
  • Shaken yaitu mengocok dua jenis minuman atau lebih menggunakan shaker bersama es batu lalu disaring sehingga menjadi minuman dingin
  • Muddling yaitu menumbuk bahan padat untuk menghasilkan jus alami dengan potongan-potongan kasar sebagai tekstur spesialnya
  • Spherification yaitu mengolah cairan menjadi bentuk gumpalan dengan tekstur seperti jeli namun tetap cair di dalamnya. Bentuknya mirip seperti caviar
  • Airs yaitu penciptaan udara dari bahan cair yang dicampurkan dengan lecithin lalu dikocok hingga berbuih menggunakan immersion blender. Busa yang dihasilkan digunakan untuk topping pada minuman
  • Flash freezing yaitu membekukan bahan cair atau padat dengan cepat menggunakan nitrogen cair

3.     Latihan menguasai teknik berkomunikasi dengan pelanggan

Selain teknik meracik minuman, bartender juga harus berlatih bagaimana berkomunikasi dengan pelanggan, membuatnya menjadi komunikasi dua arah yang menyenangkan dan menjadi sahabat terbaik mereka. Bartender wajib tahu semua jenis minuman yang ada di Indonesia termasuk filosofi di baliknya, sehingga dapat memberikan saran kepada pelanggan tentang jenis minuman sesuai kondisi mereka saat itu.

Menjadi seorang bartender memang tidak mudah, Anda wajib mengikuti macam-macam latihan menjadi bartender hebat. Karenanya disarankan untuk mencari pelatih/trainer yang tepat agar dapat membimbing dan mengedukasi Anda melewati tahapan-tahapan hingga menjadi bartender profesional.

Jika Anda memang tertarik menekuni dunia bartending, jangan ragu membuatnya menjadi pekerjaan yang menyenangkan sekaligus menghasilkan bagi masa depan Anda sendiri. Semoga bermanfaat.

7 Hobi yang Berpotensi Menghasilkan Uang

7 Hobi yang Berpotensi Menghasilkan Uang

Tips Berlatih Bermain Bulu Tangkis

Tips Berlatih Bermain Bulu Tangkis