Categories


Authors by 

Sidebeep Blog Team

7 Alasan Jika Kamu Kuliah Sambil Bekerja Itu Hebat dan Tangguhnya Luar Biasa

7 Alasan Jika Kamu Kuliah Sambil Bekerja Itu Hebat dan Tangguhnya Luar Biasa

Hei..Buat kamu yang masih mahasiswa, yang ingin membantu orang tua dalam hal finansial, mungkin banyak dari kamu yang beranggapan bahwa kuliah dengan kerja itu tidak bisa berjalan beriringan.

“Cuma fokus kuliah aja, indeks prestasi segitu-gitu saja. Mau jadi apa jadinya kalau kuliah disambi bekerja?”

Pasti hal tersebut yang sering muncul di benakmu, ketika kau akan memutuskan untuk menjalani kuliah sambil bekerja. Tapi, jangan risau. Akan kami bagikan 7 Alasan yang akan menguatkan tekadmu sehingga kamu berani dalam mengambil langkah kuliah sambil bekerja.

1. Dengan menjalani keduanya, kamu akan pandai dalam membagi waktu

Sebagian dari kamu pasti beranggapan bahwa, apabila kita memutuskan kuliah dengan bekerja, kita bakalan keteteran dalam mengatur waktu.

“Gimana mau belajar? Kalau pulang dari kerja sudah capek.”

Itu salah besar, kamu pasti akan membuat daftar yang berisi jadwal-jadwal kegiatanmu. Ada waktunya, kapan kamu harus belajar dan kapan kamu harus bekerja. Kamu dilatih untuk bisa menyayangi waktu yang kamu punya semaksimal mungkin yang kamu bisa. Dan otomatis, kamu akan mengurangi kegiatan yang tidak penting. Seperti: menonton televisi hingga larut malam, nge-game, kongkow-kongkow dengan teman hingga pagi, misal.

2. Mandiri dan bertanggung jawab

Kebanyakan para mahasiswa masih bersifat kekanak-kanakan alias belum dewasa sepenuhnya. Tapi dengan bekerja, kamu menjadi bertanggung jawab atas dirimu sendiri, keluarga, partner dalam bekerja, teman kuliah, dan orang lain yang mungkin kamu tak mengenalnya. 

“Mau nggak belajar, nanti ip jelek. Mau malas bekerja, nanti nggak dapat uang.”

Kamu bakalan jadi orang yang perfectionist sesaat. Bagaimanapun caranya, kamu pasti berpikir harus totalitas di kampus, dan totalitas di tempat kerja. Kamu dengan alamiah akan beradaptasi dengan kondisi yang sekarang, menuntut diri untuk lebih baik lagi. Pastinya itu menjadi hal yang positif buat kemajuan kamu.

3. Kaya pengalaman baru, yang tentunya berbeda dengan mahasiswa pada umumnya

Kalau kamu memutuskan untuk kuliah dengan bekerja, sebaiknya kamu bekerja pada bidang profesimu kelak. Contohnya, kamu kuliah jurusan perhotelan, kamu mencari lowongan kerja di hotel. Kamu kuliah jurusan pendidikan, kamu bekerja sebagai guru les privat. Kamu kuliah di teknik mesin, cari lowongan kerja part time di bengkel terdekat. Kamu kuliah di jurusan ekonomi, kamu bisa mengambil part time sebagai kasir di sebuah swalayan, misalnya.Dengan begitu, pengetahuan kamu akan dunia kerja justru akan semakin bertambah. Jadi besok sewaktu kamu sudah lulus kuliah, kamu tidak akan kaget dengan kerasnya dunia kerja.

Atau bisa juga dengan memasarkan sesuai hobi kamu. Misalnya, kamu suka bermain futsal, kamu bisa menjadi Futsal trainer atau Futsal Buddy dengan nemenin klien bermain futsal. Kamu suka dunia fashion, kamu bisa menjadi Fashion Stylist. Dan masih banyak lagi profesi yang bisa kamu geluti yang berkaitan dengan hobi kamu.

4. Siap mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah langsung ke lapangan

Kamu nggak bosen kalau hidupmu monoton? Kesuksesan tidak dibangun dari meja tempatmu belajar, tidak dibangun dari teori-teori yang hanya dapat sewaktu kamu kuliah. Kesuksesan dibangun dari semangat, kerja keras, dan pantang menyerah.

5. Kamu akan menjadi sarjana yang siap kerja, dan siap untuk membuka usaha

Banyak dari instansi yang mengeluhkan bahwa seorang sarjana tidak siap untuk bekerja. Jadi, banyak sarjana yang bekerja bukan pada jurusannya. Dengan kamu kuliah sambil bekerja, asalkan jadwal kuliahmu tidak terbengkalai dengan jadwal kerja, sah-sah saja jika kamu mulai merintis masa depanmu mulai usia dini.

6. Jaringan yang dikenal luas dan pasti akan punya banyak kenalan baru

Dengan bekerja, jaringanmu akan bertambah luas. Kamu akan banyak menemukan orang-orang baru, dengan beragam karakteristik sifat. Di sana, kamu akan diajarkan banyak tentang ber-retorika dan mempengaruhi lawan bicara tentunya. Itu membantumu untuk bekal menghadapi semprotan dosen saat skripsi.

7. Meringankan beban orang tua serta adik-adik juga

Bagi kamu yang memiliki adik, dengan bekerja sambil kuliah otomatis bisa membantu mengatasi beban keuangan orang tua kamu. Selain bisa membiayai kuliah sendiri, kamu juga bisa membantu orang tua untuk memberikan duit jajan kepada para adik. Walau tidak banyak, tapi yakin deh adik-adik kamu pasti sudah menjadikan kamu sebagai teladan mereka dan orang tua akan sangat terbantu.

Gimana? Seru kan kuliah sambi bekerja. Hanya dengan hobi dan kemampuan yang walau masih terbatas, kamu pun sudah dapat memasarkannya melalui Sidebeep. Di sini beragam Sider (Penyedia Jasa) seperti kamu dengan beragam kemampuan, hobi, pengetahuan dan pengalaman siap memasarkan jasa mereka. Dengan kamu bergabung menjadi Sider, hobi kamu tetap tersalurkan, kemampuan kamu makin terasah, kenalan menjadi banyak, dan dapetin uang tambahan. So tunggu apa lagi? Yuk, gabung di Sidebeep!

Wanita ini Membuktikan Dapat Menabung 300 Juta Hanya dalam Setahun

Wanita ini Membuktikan Dapat Menabung 300 Juta Hanya dalam Setahun

Ghost Writer!? Kerja Sampingan dengan Beragam Manfaat yang Menyenangkan

Ghost Writer!? Kerja Sampingan dengan Beragam Manfaat yang Menyenangkan