Categories


Authors by 

Sidebeep Blog Team

Serunya Cosplay yang katanya bisa bikin ketagihan! Olalaaa.....

Serunya Cosplay yang katanya bisa bikin ketagihan! Olalaaa.....

Cosplay, secara istilah merupakan gabungan kata “costume” yang berarti kostum atau pakaian dan “play” yang artinya bermain. Istilah ini merupakan istilah buatan Jepang yang merupakan serapan dari Bahasa Inggris atau disebut juga wasei-eigo. Cosplay secara harafiah berarti suatu kegiatan menggunakan pakaian yang mirip seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, video game, penyanyi, dan seorang musisi lengkap dengan tata rias dan aksesorisnya. Nggak cuma itu, seorang cosplayer juga melengkapi penampilannya tersebut dengan menirukan adegan atau gerakan mirip dengan tokoh manga/anime yang diperankannya. Seorang cosplayer biasanya juga disebut sebagai coser.

 

Asal Usul Cosplay

 credited by harianjepang.com

credited by harianjepang.com

Banyak yang mengira kalo cosplay ini berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Padahal, cosplay sendiri berasal dari kebudayaan Amerika Serikat. Kala itu, tahun 1960an, banyak sekali beredar film fiksi ilmiah di Amerika Serikat, salah satunya Star Trek. Dari situlah sering sekali diadakan konvensi fiksi ilmiah. Para peserta konvensi ilmiah diharuskan menggunakan kostum seperti yang digunakan oleh tokoh-tokoh dalam film fiksi ilmiah tersebut. Saat itu, orang yang menggunakan kostum bukanlah suatu hal yang aneh di Amerika Serikat. Sebab, budaya Amerika Serikat memang udah mengenal pesta topeng seperti pada perayaan Halloween dan Paskah.

Sekalinya kalian ngosplay, dijamin pasti bakal ketagihan. Nyatanya demam cosplay memang melanda tanah air saat ini. Di berbagai kota besar di Indonesia banyak festival anime yang mempertunjukan para cosplayer amatir maupun profesional.

Akhirnya penyelanggaraan konvensi fiksi ilmiah merambah ke Jepang di tahun 1970-an dalam bentuk costume show. Tepatnya pada tahun 1978, konvensi fiksi ilmiah pertama kali diselenggarakan. Mari Kotani, seorang kriktikus fiksi ilmiah, menggunakan kostum seperti tokoh dalam cerita A Fighting Man of Mars karya Edgar Rice Burroughs. Sayangnya, para peserta konvensi salah sangka dengan menganggap Mari Kotani menggunakan kostum tokoh manga Triton of the Sea karya Osamu Tezuka. Maka, pada konvensi fiksi ilmiah selanjutnya, banyak peserta yang menggunakan kostum tokoh manga

Jumlah pesertanya pun biasanya bukan main banyaknya. Bahkan ada yang dari luar kota pergi ke kota lainnya untuk memamerkan kostum anime kebanggaanya. Namun, bagi cosplayer itu sendiri harus memiliki persiapan yang matang agar bisa tampil percaya diri dan yang pasti gak norak.

 

Macam-macam cosplay

 credited by cosplaygen.com

credited by cosplaygen.com

Bagi kebanyakan orang, cosplay mungkin dianggap sama saja, pokoknya pakai kostum anima/manga. Padahal, ada banyak macam kategori cosplay. Nih, kategori-kategori cosplay yang harus kamu ketahui:

 

Cosplay Anime/Manga

Cosplay yang satu ini biasanya mengambil model dari anime atau manga. Para cosplayer mengambil contoh kostum yang sama persis dengan salah satu karakter pada anime/manga. Nggak jarang, komik Barat juga jadi model.

 

Cosplay Game

Sesuai namanya, karakter yang dijadikan model biasanya diambil dari game. Karakter yang paling sering muncul contohnya Mario (Super Mario Bros.), Ryu (Street Fighter), Jin Kazama (Tekken), dan sebagainya.

 

Cosplay Tokusatsu

Karakter yang dijadikan model cosplay merupakan karakter-karakter yang muncul dalam serial/film Tokusatsu. Yang paling sering sih dari serial Masked Rider.

 

Cosplay Gothic

 credited by kangooro.blog.pl

credited by kangooro.blog.pl

Cosplay yang satu ini mengambil karakter dengan nuansa gelap dan gothic. Para cosplayer biasanya sering menggunakan tema Lolita.

 

Cosplay Original

 credited by kawaielli.deviantart.com

credited by kawaielli.deviantart.com

Karakter yang ditampilkan sama sekali belum pernah ada, bahkan di anime atau game sekalipun. Biasanya menggabungkan style dari beberapa karakter yang berbeda.

 

Cosplay Dongeng

 credited by rage.com.my

credited by rage.com.my

Kalo yang satu ini, sesuai namanya, karakter yang digunakan berasal dari tokoh dongeng maupun legenda sekitar. Ya, mungkin seperti Si Pitung dan sebagainya.

 

Harajuku Style

Yang satu ini memang bukan murni Cosplay, namun banyak yang menganggap kalo Harajuku Style merupakan bagian dari Cosplay. Hal ini dikarenakan gayanya yang anti-mainstream dan berbeda dari orang umum.

Hobi cosplay pun mampu menghasilkan uang lho. Caranya macam-macam mulai dari mengikuti lomba, mengisi acara, menjual merchandise diri sendiri seperti foto, hingga endorsement. Seorang pemain cosplay Jepang pernah menghasilkan uang puluhan juta per acara untuk sekedar tampil di depan para penggemar.

Dengan aplikasi Sidebeep, kamu bisa memasarkan hobi Cosplay kamu agar memudahkan Beeper (pengguna jasa) yang ingin menggunakan jasa kamu. Seru ya, kini hobi bisa jadi uang tambahan buat kamu. Yuk gabung sekarang menjadi Sider (penyedia jasa) di Sidebeep!

Hand Lettering, hobi kaligrafi yang kini jadi duit tambahan!

Hand Lettering, hobi kaligrafi yang kini jadi duit tambahan!

Suka Fashion? Yuk jadi Fashion Blogger!

Suka Fashion? Yuk jadi Fashion Blogger!