Categories


Authors by 

Sidebeep Blog Team

Parkour! Olahraga "ekstrim" yang Membangkitkan Gairah Hidup dan Antusiasme

Parkour! Olahraga "ekstrim" yang Membangkitkan Gairah Hidup dan Antusiasme

Parkour merupakan salah satu olahraga ekstrim dan harus professional karena cukup berbahaya untuk dilakukan. Meski merupakan olahraga ekstrim, manfaat olahraga asal Perancis untuk kesehatan ternyata cukup banyak dan baik untuk tubuh.

Parkour atau l’art du déplacement atau lebih dikenal dengan istilah parkour adalah olahraga lari bebas yang dilakukan dengan prinsip kemampuan tubuh manusia. Olahraga ini mengatur cara berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cepat dan efisien.  Agar mampu berpindah dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain, seorang Traceur (sebutan untuk pelaku olahraga Parkour) harus berlari, melompat, memanjat bahkan jungkir balik serta berbagai cara lainnya.

Tentu saja itu bukan hal mudah untuk dilakukan. Traceur harus berlatih dengan sungguh-sungguh, agar bisa melakukan trik-trik parkour. Mereka juga perlu mengatur emosi untuk memupuk keberanian danmengusir rasa takut. Sebab, tak jarang Traceur harus melompat dari atap suatu bangunan tinggi ke bangunan tinggi lainnya dengan gap yang cukup jauh.

Jika sudah menguasainya, Traceur akan terlihat hebat dan mengundang decak kagum. Tapi, parkour bukan sekadar olahraga ekstrim yang bisa memamerkan kehebatan atletis tubuh. Seperti dilansir Medical Daily, ada manfaat lain yang didapat ketika menekuni olahraga tersebut.

 

1. Berpikir cepat

 credited by www.parkourgenerations.com

credited by www.parkourgenerations.com

Ketika melakukan parkour, seorang Traceur harus berlari, melompat dan memanjatuntukmelewati rintangan dengan kecepatan tinggi. Mereka juga harus cepat mengambil keputusan ketika menghadapi obstacle tertentu. Jika ragu sedikit saja, bukan tidak mungkin Traceur akan jatuh atau menabrak rintangan. Maka, parkour melatih pelakunya untuk berpikir cepat.

 

2. Parkour Dapat Membentuk Tubuh

Tidak hanya menuntut otak lebih berpikir cepat, kegiatan ini juga menuntut otot lebih bergerak banyak. Hal ini dapat membentuk tubuh lebih ideal seperti membuat perut sixpack, membentuk otot kaki, tangan dan paha. Jika Anda sering melakukan parkour, Anda dapat memiliki bentuk tubuh yang ideal dan sehat karena parkour adalah olahraga yang banyak bergerak, otomatis lemak yang membuat bentuk tubuh tak ideal akan terbakar.

 

3. Mengurangi Antisosial

 credited by www.parkourindonesia.web.id

credited by www.parkourindonesia.web.id

Antisosial merupakan sebutan untuk orang yang jarang bersosialisasi ( Komunikasi ) dengan orang di sekitarnya. Tentu jika Anda kurang bersosialisasi maka dapat mengundang banyak penyakit yang umum berdampak di mental. Terbukti dengan penelitian Westminster, seorang Pembina parkour ahli menyatakan bahwa 69% kejahatan di usia remaja berkurang karena mereka melakukan kegiatan ini.

 

4. Memperkuat Mental

 credited by http://www.healthybuilderz.com

credited by http://www.healthybuilderz.com

Karena parkour merupakan kegiatan atau olahraga ekstrim yang artinya berbahaya di lakukan tanpa latihan, tentu mental Anda juga akan terlatih dan berdampak positif untuk kesehatan. Mental yang kuat memberikan pertahanan yang kuat pula terhadap gangguan mental seperti depresi, stres dan lainnya.

 

5. Membangun kepercayaan diri

 credited by www.streets-united.com

credited by www.streets-united.com

Tanpa rasa percaya diri, Traceur akan penuh keraguan dalam melewati rintangan. Jika sudah menguasainya, rasa percaya diri ini juga akan menular terhadap aktivitasnya yang lain di luar parkour.

 

6. Membuat Tulang Lebih Kuat

 credited by jumpalitan

credited by jumpalitan

Jangan berpikir bahwa olahraga ekstrim ini hanya dapat membuat cedera pada tulang, malah sebaliknya, parkour dapat membuat tulang Anda lebih kuat karena setiap sel tulang Anda rusak akibat getaran atau efek lainnya, maka akan terganti dengan sel baru yang lebih kuat dari sebelumnya. Selain menguatkan tulang, juga ikut menguatkan otot karena sering terkena tekanan, otot lebih terlatih dan lebih kuat.

 

7. Mencegah Cedera

Jika Anda sering berlatih parkour, maka inti tubuh Anda akan lebih kuat dan dapat terhindari dari cedera-cedera seperti cedera punggung, lutut, pergelangan dan lainnya.

 

8. Menambah Ketahanan Jantung

 credited by www.flickr.com

credited by www.flickr.com

Kegiatan ini memerlukan stamina lebih untuk berlari dan melompat. Hal ini memberikan efek kepada jantung agar lebih bekerja keras. Jantung akan berdetak lebih kencang dan memerlukan pasokan darah lebih banyak, namun hal ini tak berdampak buruk jika tak terlalu lebih bekerja sangat keras, justru dapat meningkatkan daya tahan jantung dan membuat jantung sehat. Jika jantung Anda sehat, tentu akan terhindar oleh penyakit jantung.

Pelajaran yang paling penting dari olahraga ini adalah bahwa hidup itu harus diwarnai dengan keceriaan dan antusiasme, seperti yang kita rasakan saat berlatih parkour atau melakukan hal lain yang kita sukai. Tanpa kegembiraan dan rasa antusias, hidup kita akan terasa hambar tanpa warna.

Kini kamu paham, ‘kan, bahwa parkour yang sebenarnya tuh bukan sekadar olahraga loncat-loncat nekat yang gak jelas tujuannya. Setelah tahu manfaat dari parkour, apa kamu jadi tertarik buat mencoba berlatih parkour untuk menjadi Traceur? Yuk Gabung di Sidebeep, kamu bisa belajar dengan Traceur yang berpengalaman dan setelah itu jadikan hobi ini juga menjadi penghasilan kamu.

Surfing, Olahraga Pantai yang Menantang Adrenalin!

Surfing, Olahraga Pantai yang Menantang Adrenalin!

Hand Lettering, hobi kaligrafi yang kini jadi duit tambahan!

Hand Lettering, hobi kaligrafi yang kini jadi duit tambahan!