Categories


Authors by 

Sidebeep Blog Team

Yang hobi Jogging kudu tahu tips berikut!

Yang hobi Jogging kudu tahu tips berikut!

Jika kamu masih pemula, kamu perlu mengetahui beberapa informasi dan tips untuk melakukan jogging agar mencegah kram otot dan kelelahan. Coba lakukan perlahan-lahan, dan lakukan beberapa tips dasar untuk memulai kebiasaan sehat ini agar kamu menikmati saat melakukannya.

1.       Dapatkan sepatu lari yang sesuai dan nyaman

Menggunakan sepatu lari yang sesuai adalah kunci menghindari cidera. Cari toko yang menyediakan perlengkapan olahraga untuk mendapatkan sepatu lari yang cocok dengan kakimu. Pastikan juga, Jangan menggunakan sepatu lari yang sudah tidak layak dipakai. Sepatu lari mesti diganti setiap telah digunakan total sejauh 480km.

2.       Pastikan kamu pemanasan sebelum memulai dan pendinginan setelah selesai.

Pemanasan yang baik memberikan sinyal kepada tubuhmu untuk siap mulai bekerja. Ketika kinerja jantung mulai meningkat perlahan, pemanasan membantu mengurangi beban jantung ketika kamu mulai berlari. Sehingga kamu mesti memulai lari dengan jalan cepat, kamu dilanjutkan dengan lari santai untuk beberapa menit. Kamu juga dapat melakukan beberapa gerakan pemanasan lainnya. Pendinginan setelah jogging membantu jantung dan tekanan darah untuk turun secara bertahap, sehingga penting kamu menyelesaikan jogging-mu dengan melakukan lari/jalan santai selama 5 menit. Pendinginan ini juga membantu meregangkan ototmu setelah lari.

3.      Ketahui bentuk tubuh bagian atas yang tepat

Bentuk tubuh yang tidak tepat saat jogging dapat membuat cidera pada tangan, bahu, leher dan punggung. Usahakan tanganmu senantiasa berada setinggi pinggang membentuk sudut 90derajat, tepat di samping selama berlari. Jika tanganmu menyilang di depan dada saat berlari dapat membuat kepala dan badanmu membungkuk yang membuat kamu jadi sulit bernapas.

4.       Jangan khawatir mengenai kecepatan

Sebagai pemula, larilah dengan santai dan nyaman. Kamu mesti dapat bernapas dengan mudah dan nyaman untuk mengobrol. Jangan terburu-buru, dan jika sambil berlari kamu dapat mengobrol secara santai tanpa terengah-engah, maka kamu dapat meningkatkan kecepatanmu. Memulai lari santai seperti ini juga menghindarimu dari kelelahan dan cidera berlebihan. Kamu dapat fokus meningkatkan kecepatanmu ketika telah meningkatkan daya tahan, kekuatan dan kepercayaan diri.

5.       Cobalah metode jalan/lari

Kebanyakan pemula mulai mencoba metode jalan/lari karena mereka tidak memiliki kebiasaan lari dan daya tahan yang baik sebelumnya. Metode jalan/lari meliputi lari singkat dan jalan untuk beristirahat secara berkala. Ketika kamu menggunakan metode ini, maka kamu mesti meningkatkan durasi lari dan mengurangi durasi berjalan. Beberapa pelari memilih terus menggunakan metode jalan/lari ini walau mereka telah sudah terbiasa dan mampu untuk berlari cepat, karena mereka merasa dapat menyelesaikan rutenya dengan cepat dan lebih nyaman.

6.       Jangan lari terlalu lama atau singkat

Pemula kadangkala terlalu antusias saat memulai dan akhirnya meningkatkan jarah tempuh mereka terlalu cepat yang akhirnya mengakibatkan cidera. Jangan meningkatkan jarah tempuhmu setiap minggu di atas 10%. Dengan meningkat secara perlahan, kamu dapat mencapai tujuanmu tanpa cidera dan aman.

Gunakan akal sehat dan ikuti jadwal latihan pemula untuk menentukan seberapa jauh kamu mesti berlari. Jika kamu ingin menambah latihanmu, coba lakukan beberapa latihan seperti berenang, yoga, atau bersepeda secara bergantian.

7.       Bernapaslah menggunakan hidung dan mulut

Beberapa pemula menganggap mereka mesti bernapas hanya menggunakan hdiung saat berlari. Sebetulnya kamu mesti bernapas dengan hidung dan mulut untuk memastikan kamu mendapatkan oksigen yang cukup untuk otot ketika berlari. Mengambil napas dalam perut dapat mencegah side stiches yang merupakan masalah umum bagi pemula.

Bagi kamu yang masih pemula, mengikuti beberapa tips di atas akan memudahkan kamu untuk memulai kebiasaan sehat ini. Ajak juga teman/saudara kamu untuk jogging bersama karena akan lebih seru. Jangan takut jika tidak ada yang bisa menemanimu, karena di Sidebeep ada sider (penyedia jasa) yang dapat menemanimu sebagai jogging buddy. Seru kan? Ga ada alasan lagi untuk memulai kebiasaan sehat ini.

Jurus Jitu Belajar Bermain Gitar Kurang dari 7 hari!

Jurus Jitu Belajar Bermain Gitar Kurang dari 7 hari!

Hobi jadi Profesi Make Up Artis Profesional yang Menjanjikan!

Hobi jadi Profesi Make Up Artis Profesional yang Menjanjikan!