Categories


Authors by 

Sidebeep Blog Team

Pengisi Suara / Dubber, Suara jadi Sumber Penghasilan!

Pengisi Suara / Dubber, Suara jadi Sumber Penghasilan!

Menjadi pengisi suara mungkin tidak terbayang oleh kebanyakan orang. Profesi unik ini bisa sangat menjanjikan jika dilakukan dengan baik dan benar. Kini honor minimal pengisi suara bisa mencapai 800ribu per judul film, untuk trailer film bisa puluhan juta dan untuk iklan jangka panjang bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Kini dengan perkembangan teknologi tentu peluang untuk berkarir menjadi pengisi suara semakin luas.

Para pengisi dan penyulih suara itu menghidupkan karakter bukan lewat gerak, melainkan suara dan mimik wajah. Jika suara itu pas, karakter akan identik dengan suara yang sama sampai tahunan. Itu jelas tidak mudah. 

Seandainya Anda memiliki suara yang menarik dan khas, maka profesi pengisi suara dapat menjadi pilihan profesi yang bermanfaat untuk diri Anda. Tertarik untuk tahu cara menjadi pengisi suara?

1.      Mengembangkan keahlian akting pribadi.

Sekalipun tidak muncul dihadapan layar, pengisi suara harus mampu menyampaikan pesan dengan emosi dan nada yang pas. Ingatlah bahwa menjadi seorang pengisi suara memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Hal ini karena Anda tidak memiliki lawan bicara, tidak bisa memakai ekspresi wajah maupun gerakan untuk mengekspresikan kalimat tadi.

Untuk mengembangkan keahlian ini Anda bisa:

1. Cari pelatih atau ikut kelas akting. Untuk yang masih sekolah bisa mencari organisasi atau bahkan ikut audisi drama.

2. Berlatih suara juga tidak kalah pentingnya. Lakukanlah secara terjadwal. Latihan suara akan memudahkan Anda meningkatkan jangkauan vokal sekaligus mengendalikan suara.

3. Latihan meniru suara aktor atau karakter terkenal. Aktivitas ini dapat memudahkan Anda meningkatkan fleksibillitas, mengidentifikasi nada suara, sampai bahan untuk rekaman demo pengisian suara Anda.

4. Merekam suara sendiri. Anda bisa coba membawakan satu monolog, naskah atau bahkan buku cerita kemudian merekamnya. Dengarkan rekaman atas suara Anda sendiri. Catatlah hal-hal yang menurut Anda perlu diperbaiki.

5. Latihan membaca dengan suara keras. Mampu membaca dengan lantang dan efektif penting sekali untuk berhasil menerapkan cara menjadi pengisi suara. Apalagi jika Anda ditugaskan membaca dari sebuah teleprompter. Latihan bisa dilakukan dengan membaca majalah, buku, ataupun koran.

 

2. Membuat Demo Rekaman.

Aktivitas ini merupakan metode pengisi suara untuk memperlihatkan kehalian saat meniti karir menjadi pengisi suara. Kebanyakan klien yang mencari pengisi suara tidak akan mempedulikan penampilan Anda oleh karenanya kunci utama ada di kualitas demo rekaman suara.

Untuk membuat demo yang baik ingatlah:

1. Anda punya waktu singkat untuk menarik perhatian klien. Pastikan untuk menyiapkan materi rekaman terbaik dalam 30 detik.

2. Rekaman suara demo bisa berupa suara asli ataupun meniru suara karakter terkenal.

 

3. Kembangkan Jaringan.

Sama halnya seperti artis, pengisi suara sangat membutuhkan jaringan untuk mendapatkan peluang yang terbaik. Pasarkan kemampuanmu ini di Sidebeep. Sidebeep membantumu untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas, dengan harga, lokasi dan waktu yang bisa kamu tetapkan sesuai keinginanmu.

Mix Martial Arts Bukan Sekedar Bela Diri

Mix Martial Arts Bukan Sekedar Bela Diri

Profesi Sampingan untuk Menambah Penghasilan selama Ramadhan

Profesi Sampingan untuk Menambah Penghasilan selama Ramadhan