Categories


Authors by 

Sidebeep Blog Team

Rahasia Menjadikan Penghasilan Berkali-kali Lipat Melalui Kerja Tambahan

Rahasia Menjadikan Penghasilan Berkali-kali Lipat Melalui Kerja Tambahan

Kerja yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Di sela-sela kesibukan bekerja di kantor, sepulang kerja masih dapat kamu gunakan untuk menghasilkan duit tambahan dengan menawarkan hobi kamu untuk membantu orang lain. Hal inilah yang ditawarkan Sidebeep untuk para Sider (penyedia jasa) yang ingin mendapatkan penghasilan melalui hobi, kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki.

Apakah itu sebagai profesi atau pekerja lepas (sider) yang mencari tambahan di luar jam kerja. Semua tergantung pilihan setiap orang dalam memilih jenis pekerjaan yang ia inginkan. Sebagai Sider, pengelolaan keuangan perlu kamu atur dengan baik. Berikut kami hadirkan tips mengelola keuanganmu.

 

Hindari Konsumtif

Yang pertama ini harus Anda tekankan baik-baik, dengan Anda memilih menjadi sider Anda juga harus paham akan penghasilan Anda karena belum tentu tiap bulan menerima penghasilan yang sama seperti orang yang kerja di kantor. Jadi hindarilah sifat yang konsumtif, jika Anda membeli lebih baik pilihlah yang memang sedang Anda butuhkan dan untuk barang lainya bisa jadi untuk bulan depannya jika dapat orderan lagi.


Sisihkan Pendapatan

Sebaiknya Anda menyisihkan pendapatan Anda saat mendapat order job. Jadi itu akan menjadi cadangan di saat orderan sepi dan akan lebih baik lagi jika Anda membedakan rekening tabungan dengan rekening untuk konsumsi sehari-hari, itu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan Anda sebagai Sider.

Ingat ketika anda mendapatkan penghasilan, uang tersebut belum tentu bisa anda pakai semua. Ada baiknya anda menyisihkan pendapatan ketika order pekerjaan sedang banyak. Dana yang anda sisihkan inilah yang dapat dipakai bila bulan-bulan berikutnya orderan sedang sepi alias turun, bahkan tidak ada pemasukan/orderan sama sekali.

Anda bisa juga menggunakan Dana Darurat untuk alokasi penghasilan terpisah ini. Atau untuk beberapa kasus yang ekstrem anda juga mencadangkan 2 jenis dana yaitu dana darurat dan dana cadangan penghasilan ketika job kurang atau tidak ada job. Tujuannya untuk memastikan anda tidak perlu panik dan tetap bisa menjalankan kehidupan secara normal meskipun tidak ada penghasilan. 
 


Catat Penghasilan
 

Dengan mencatat penghasilan ini Anda akan mendapatkan daftar gaji yang akan anda gunakan dan yang akan anda tabung, jadi anda nantinya akan tahu bagaimana menyiasati, pengeluaran yang tidak penting untuk ditinggalkan.
 


Dahulukan Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok seperti listrik dan air merupakan anggaran yang wajib Anda bayarkan setiap bulannya. Jadi prioritaskan harus diprioritaskan, jika ditunda dikawatirkan Anda malah menggunakan uang Anda untuk hal lain dan kebutuhan pokok itu akan terbengkalai.



Memilih Proyek atau Order Job yang Sesuai

Hal ini juga penting dalam memilih orderan job yang akan Anda tangani nantinya. Sebaiknya Anda juga perhitungkan berapa biaya dan waktu untuk Anda mengerjakan proyek tersebut. Jangan sampai besar pengeluaran Anda melebihi penghasilan Anda nantinya, jadi perhatikan baik-baik dan hitung baik baik pula.

 

Buat Rekening Terpisah

Ketika uang penghasilan tercampur dengan uang pengeluaran bulanan di situlah keuangan anda akan menjadi berantakan. Bagi sebagian orang mencatat saja mungkin tidak cukup, dalam kasus ekstrem harus dilakukan pemisahan rekening antara rekening pemasukan dan pengeluaran. 

Dengan membuat rekening yang terpisah anda bisa kontrol tidak hanya pemasukan tapi juga pengeluaran bualanan anda sesuai bujet. Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat seakan-akan anda 'gajian' bulanan dari dua rekening tersebut.



Lakukan investasi

Sebagai Sider, makin banyak orang yang memesan jasa Anda, makin besar penghasilan Anda. Nah, besarnya penghasilan ini memungkinkan Anda untuk juga berinvestasi dengan angka yang besar tiap bulannya.

Sebagai sider, maka investasi yang harus Anda lakukan itu ada 3: alat, pengetahuan & keterampilan, dan uang. Apa yang dimaksud investasi alat? Ya kalau Anda penyanyi, Anda mungkin sebaiknya punya mic sendiri. Kalau Anda pekerja kreatif, Anda mungkin harus punya laptop sendiri.

Prinsipnya, jangan ragu untuk berinvestasi pada alat-alat yang bisa menunjang profesi Anda. Investasi pengetahuan dan keterampilan juga penting. Kalau Anda musisi, sering-sering deh ikut kursus tentang musik, biar Keterampilan Anda juga bertambah. Nah, dalam Investasi uang, maka tiap kali dapat penghasilan, masukkan sebagian uang Anda ke investasi, apapun itu. Bisa emas, reksa dana, atau saham misalnya.

Nanti kalau jumlahnya sudah agak banyak, pelan-pelan Anda bisa belikan properti itu. Ingat, Kekayaan seseorang dilihat dari jumlah investasinya, bukan besar penghasilannya. Jadi berapapun penghasilan yang Anda dapat sebagai seorang Sider, belikan produk investasi.

Buat kamu yang masih bingung gimana caranya mendapatkan penghasilan tambahan, Sidebeep solusinya! Yuk gabung menjadi Sider dan mulai pasarkan hobi, kemampuan, pengetahuan dan pengalaman kamu di Sidebeep. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan di waktu luangmu tanpa menganggu waktumu, karena kamu bebas menentukan waktumu di Sidebeep. Hobi jadi duit? di Sidebeep aja.

Trip Organizer, Jalan-jalan sambil menghasilkan duit!

Trip Organizer, Jalan-jalan sambil menghasilkan duit!

Mix Martial Arts Bukan Sekedar Bela Diri

Mix Martial Arts Bukan Sekedar Bela Diri