Categories


Authors by 

Sidebeep Blog Team

Liburan Murah ke Jepang tidak lagi Mustahil! Ikuti Tips Berikut

Liburan Murah ke Jepang tidak lagi Mustahil! Ikuti Tips Berikut

Kini, Jepang menjadi primadona baru destinasi wisata favorit bagi para traveller. Banyak yang bisa Anda lakukan di Jepang, mulai dari menikmati indahnya Gunung Fuji, melihat sakura berguguran, belanja sampai puas di Shibuya, mencoba betapa cepatnya shinkansen, merasakan lezatnya daging Kobe, dan masih banyak lagi.

Bagi sejumlah traveler, wisata ke Jepang hanyalah sebuah impian. Karena mahallll! Image sebagai negara yang mahal telah melekat pada Jepang. Karena citra inilah, banyak traveler yang mengurungkan niatnya untuk wisata ke Jepang. Tingginya biaya hidup di Jepang membuat tak sedikit traveler yang mengurungkan niatnya untuk pergi ke Jepang.

Untuk itu Kamu harus catat beberapa tips ini biar kamu nggak panik saat kantongmu kian sekarat saat berada di negeri Sakura tersebut.

 

Tiket Pesawat

Satu hal yang paling menentukan budget traveling adalah tiket pesawat. Jika tiket pesawat mahal, tentu pengeluaran yang kian membengkak. Jika terjadi sebaliknya, kamu bisa berhemat banyak. Andalan para backpacker menyoal transportasi adalah dengan mengandalkan maskapai pesawat dengan biaya yang paling terjangkau. Survei harga sana-sini dengan mengotak-atik tanggal pergi dan keberangkatan sih sudah biasa.

Banyak wisatawan internasional masuk ke Jepang lewat Bandar Udara Narita (NRT), Tokyo Haneda (HND), atau Bandara Kansai (KIX) di Osaka. Padahal datang ke Jepang melalui Bandar Udara Osaka atau Bandara Itami (ITM) bisa memberikan harga yang lebih murah.

Musim semi, sekitar bulan Mei-Juni dan musim panas, di sekitar bulan Juli-September adalah waktu favorit bagi para wisatawan untuk berlibur ke Jepang karena cuacanya nyaman dan bunga sakura mulai bersemi. Oleh karena itu harga tiket pesawat di bulan-bulan ini cenderung lebih mahal daripada musim dingin, di sekitar bulan Desember-Februari. Anda yang ingin terbang dengan tiket pesawat termurah sebaiknya memilih berangkat saat musim dingin. Jangan berkecil hati, karena ada cukup banyak tempat wisata di Jepang yang lebih indah dinikmati ketika bersalju.

 

Makanan

kamu harus bawa banyak makanan dari Indonesia. Berbeda dengan negara Asia Tenggara semacam Malaysia dan Thailand, makanan di Jepang emang terkenal mahal banget. Persiapkan semua makanan Indonesia yang harganya murah.

Ya bukan berarti kamu nggak jajan di sana sama sekali. Kamu boleh jajan street food yang bisa kamu temukan di jalanan Tokyo dengan harga murah. Ada takoyaki, karage, ataupun sejenis tempura.

Jepang terkenal dengan berbagai convenient store (konbini). Berbagai makanan pun tersedia di sana, mulai dari onigiri, salad, hingga bento, dan rasanya tak kalah dengan yang ada di restoran. Anda hanya perlu memanaskan di microwave yang tersedia di sana dan Anda bisa kenyang dengan makanan yang nikmat sekaligus ramah di kantong.

Kalau Anda ingin makan sushi, carilah Kaiten Sushi untuk merasakan sushi asli Jepang. Harga satu porsi sushi adalah 100-300 yen saja. Jangan lupa juga untuk mencoba street food ala Jepang, mulai dari oden, tempura, okonomiyaki, karage, hingga takoyaki yang murah dan enak.

Jepang punya banyak café dan restoran lucu yang menggoda untuk didatangi. Tetapi jika Anda ingin berhemat, hindari tempat-tempat itu karena harganya bisa 5-10 kali lebih besar ketimbang jajanan pasar atau makanan-makanan di convenient store.

 

Penginapan

Ada baiknya Anda mencari penginapan yang dekat dengan pusat kota atau objek wisata yang ingin Anda kunjungi. Anda tidak perlu khawatir karena hostel murah masih bisa Anda temui. Carilah beberapa penginapan di Jepang melalui aplikasi online atau media internet. Kamu bisa membandingkan harga termurah dan lokasi wisata yang terdekat yang akan kamu kunjungi.

 

Transportasi

Berkeliling Jepang seharusnya tidak menjadi masalah karena Jepang memiliki salah satu sistem transportasi terbaik di dunia. Namun di sisi lain, biaya transportasi di Jepang tergolong sangat mahal. Tetapi tak usah khawatir, karena Jepang masih memiliki sarana transportasi lain yang bisa Anda gunakan. Ada kereta lokal, bus, taksi, ataupun penyewaan mobil yang bisa membawa Anda berkeliling Jepang.

Untuk perjalanan antar kota, ada baiknya Anda menggunakan kereta lokal ataupun bus malam karena harganya lebih terjangkau. Lalu pada saat berkeliling di dalam kota, bus atau kereta bisa menjadi pilihan yang nyaman, tergantung di kota mana Anda berkeliling. Tiap kota di Jepang punya alat transportasi andalannya masing-masing. Jadi, cari tahu lebih dahulu tentang kota tujuan Anda dan cari pilihan transportasi terbaik untuk berkeliling di sana. Sedikit tips, hindari naik taksi di Jepang karena harga buka pintunya saja cukup mahal.

Trik lain yang bisa Anda terapkan untuk menghemat biaya adalah dengan mengatur rencana perjalanan Anda dengan matang dan sesuai anggaran yang tersedia. Dalam menyusun rencana perjalanan, pasti akan berpengaruh pula dengan biaya. Semakin banyak kota yang dikunjungi, semakin besar pulalah biayanya.

 

Hiburan & Belanja

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya hidup di Tokyo itu mahal banget. Nggak usah terlalu lama di Tokyo, cukup jalan-jalan di Shibuya dan Ginza buat foto-foto aja. Habis itu mending ke luar kota yang masih punya suasana yang menenangkan. Cobalah ke pemandian Onsen yang tak jauh dari Gunung Fuji.

Ada juga beberapa destinasi alam yang tidak kalah bagus seperti Tohoku, Okinawa, maupun Osaka. Menyaksikan festival yang selalu ada di setiap musim juga menjadi alternatif hiburan wajib yang murah meriah saat kamu berwisata ke Jepang. Ada Festival Hanami Matsuri, Tsukimi, Takayama, maupun Festival Obon. Masih banyak yang lainnya sih. Intinya banyak pertunjukan gratisan yang akan menghemat biaya traveling kamu di Jepang.

Untuk berbelanja, biaya belanja di Jepang tergolong mahal. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa memberikan mereka oleh-oleh, karena Anda bisa membeli banyak suvenir lucu dengan harga 100 yen saja di berbagai 100 yen store di Jepang, seperti Daiso, Can Do, Seria, atau Silk. Selain itu, daripada belanja di pusat perbelanjaan terkenal seperti Isetan di Shinjuku dan Matsuya di Ginza, Anda bisa mencoba belanja di pusat perbelanjaan pinggiran kota seperti Aeon atau Ito-Yokado.

Semoga dengan tips di atas memudahkan kamu berwisata ke Jepang tanpa perlu takut kantong bocor. Setelah itu, pengalamanmu ini bisa mendatangkan penghasilan tambahan lagi buatmu dengan menjadi Sider di Sidebeep. Kamu dapat menjadi konsultan travel lepas membantu memberikan masuk kepada orang yang ingin berwisata ke Jepang. Seru kan? Berbagi pengalaman dan dapatkan penghasilan tambahan di Sidebeep.

Fakta Bahwa Gamer Rata-Rata Orang Pinter

Fakta Bahwa Gamer Rata-Rata Orang Pinter

Jurus Jitu Belajar Bermain Gitar Kurang dari 7 hari!

Jurus Jitu Belajar Bermain Gitar Kurang dari 7 hari!