Categories


Authors by 

Sidebeep Blog Team

Ketika Hobi belanja Menjadi Profesi Sumber Penghasilan

Ketika Hobi belanja Menjadi Profesi Sumber Penghasilan

Belanja merupakan aktivitas yang menyenangkan khususnya para kaum hawa. Bukan sekedar kegiatan jual beli, bagi sebagian orang, belanja kini sudah menjadi semacam kegiatan rekreasi mengisi liburan di akhir pekan.  Namun, tak selamanya para penyuka belanja memiliki waktu, akses maupun informasi tentang barang yang ingin dibelinya. Inilah yang memunculkan peluang baru bagi jasa penyedia personal shopper.

Personal Shopper adalah sebuah profesi dimana seseorang menolong orang lain untuk berbelanja dan juga memberikan masukan dan usulan kepada pelanggannya. Kalau kamu memiliki ketertarikan di dunia mode, pekerjaan ini bisa menjadi pilihan karirmu.

Jasa personal shopper juga memiliki segmen pasar yang beragam. Misalnya ada yang khusus membidik kalangan sosialita dengan berburu produk-produk fashion bermerek atau non-busana sepertielektronik, perabotan, dsb mulai dari dalam negeri sampai ke luar negeri. Ada beberapa personal shopper yang khusus menerima pesanan dari klien yang tinggal di luar Jakarta untuk membeli pesanan brand-brand bermerek yang ada di mall kisaran Jakarta saja.

Sebenarnya profesi ini tidak hanya dalam hal pembelian produk saja, melainkan juga harus memikirkan barang apa yang kira-kira sesuai dengan karakter klien. Oleh karena itu perlu adanya pengetahuan akan karakter klien. Selain membelikan berbagai barang kebutuhan klien, personal shopper juga mengajarkan klien untuk menjadi smart buyer yang fashionable dan bukan menjadi korban mode.

Ada beberapa personal shopper yang berhubungan dengan beberapa toko atau butik sehingga mereka akan tahu bila ada model terbaru yang akan terbit atau bila adanya masa obral. Untuk itu mereka akan mendapatkan komisi dari setiap barang yang terjual selain juga mendapatkan pembayaran dari orang yang menggunakan jasa mereka. Pengguna jasa mereka biasanya adalah para selebriti, orang terkenal atau ibu-ibu pejabat/pengusaha yang tidak ingin tampil dimuka umum, tidak memiliki banyak waktu dan tidak bisa meninggalkan pekerjaannya.

Lalu bagaimana dengan penghasilan yang didapat oleh personal shopperFee menjadi personal shopper biasanya ditentukan lewat negosiasi dengan klien senilai berapa persen dari total pembelanjaan atau personal shopper sendiri yang menaikkan harga dari barang yang dititipkan dari klien. Jika masuk musim Lebaran atau Hari Raya lainnya biasanya jumlah pemesanan meningkat hingga 2x lipat. Angka yang dihasilkan pun cukup mencengangkan. Dalam sebulan, personal shopper bisa mendapat penghasilan hingga 100 juta rupiah.

Dari hasil pengamatan kita selama ini nampaknya profesi sebagai personal shopper masih belum banyak ditekuni di Indonesia. Namun tidak sedikit personal shopper yang sudah ada di Indonesia khususnya di Jakarta. Biasanya mereka adalah orang-orang yang tinggal di Jakarta dan memiliki banyak waktu untuk berbelanja. Sebuah profesi yang sangat menarik dimana kamu dapat keluar masuk dan berbelanja di toko atau butik terkenal terutama bagi kamu yang suka dengan dunia mode serta senang berbelanja, bukan?

Tertarik untuk menekuni profesi asyik seperti ini? Wujudkan di Sidebeep! Pasarkan kemampuan berbelanja kamu untuk membantu klien dalam memenuhi kebutuhannya. Di Sidebeep, kamu dapat berkreasi dalam menciptakan lapangan pekerjaanmu dan menikmati profesimu!

Calisthenic Training, Cara Seru Membentuk Tubuh yang Proporsional

Calisthenic Training, Cara Seru Membentuk Tubuh yang Proporsional

Trip Organizer, Jalan-jalan sambil menghasilkan duit!

Trip Organizer, Jalan-jalan sambil menghasilkan duit!