Categories


Authors by 

Sidebeep Blog Team

Manfaat Latihan Menembak (Shooting)

Manfaat Latihan Menembak (Shooting)

Anggapan banyak orang tentang olahraga menembak atau shooting yang hanya bisa diikuti oleh kalangan elit serta kurang bermanfaat untuk kesehatan kenyataannya tidak benar. Shooting bisa diikuti oleh siapapun dan memerlukan keseimbangan dalam pengelolaan fisik maupun mental terutama stamina yang bagus ketika harus melewati durasi panjang dalam olahraga tersebut.

Latihan menembak juga bisa menjadi kegiatan menantang untuk menghilangkan stres serta melatih diri lebih disiplin. Meski menembak atau shooting termasuk olahraga mahal karena sebuah senapan laras panjang atau pendek bernilai puluhan juta rupiah, hal ini tetap tidak menyurutkan minat para atlet dan penghobi menembak. Untuk menyiasatinya mereka umumnya bergabung dengan sekolah khusus menembak agar bisa meminjam senjata dan hanya diwajibkan membeli peluru saja.

 

Olahraga menembak atau shooting memiliki tahapan-tahapan latihan yang bisa diikuti oleh masyarakat umum seperti tembak presisi dan tembak reaksi yang terbagi menjadi beberapa kelas dan jarak. Senjata yang digunakan pun beragam, baik senapan angin hingga menggunakan senapan asli seperti TNI atau Polri. Latihan rutin dalam shooting terbukti bisa melatih kemampuan fisik dan mental seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih tenang dan fokus dalam segala hal.

Berikut ini 6 manfaat yang bisa Anda dapatkan dari latihan menembak (shooting).

1.  Shooting dapat memberi manfaat yang bagus bagi fisik. Karena dapat menambah stamina, kekuatan, koordinasi tangan dan mata serta melatih kemampuan motorik Anda

2. Saat menetapkan target dalam shooting, Anda harus menjaga fokus dan tatapan mata Anda pada target sembari memegang senjata. Ini bisa melatih kemampuan konsentrasi Anda.

3. Shooting juga menuntut kesabaran tingkat tinggi. Seseorang yang memiliki emosi tidak stabil, pikiran kacau dan terburu-buru akan sulit melakukan tembakan tepat pada sasaran. Posisi kuda-kuda harus benar dan napas harus teratur agar tidak mempengaruhi gerakan tangan.

4.  Shooting secara rutin juga dapat melatih kapabilitas mata Anda sehingga berangsur-angsur dapat memperbaiki kekurangan pada penglihatan.

5.  Shooting juga membantu seseorang lebih disiplin dan teliti dalam banyak hal. Karena dalam menembak, Anda harus teliti dalam setiap tembakan, teliti dalam prosesnya, teliti dalam hasilnya dan harus teliti pada setiap kesalahan yang pernah diperbuat sebelumnya.

6. Memegang senjata dalam menembak atau shooting bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan serta menyebabkan lonjakan adrenalin dan energi dalam aliran darah Anda. Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh agar tetap bugar di setiap waktu.

Intinya, menembak adalah olahraga yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Karena sejatinya kita bukan melawan musuh tetapi melawan diri kita sendiri agar dapat mengendalikan emosi sehingga tidak menghasilkan kecerobohan dalam setiap tembakan.

Jika Anda tertarik mencoba olahraga menembak atau shooting, sebaiknya Anda mencari pelatih/trainer yang tepat dan berpengalaman dalam bidang ini. Seorang trainer akan membantu Anda menguasai teknik menembak dengan benar, mengelola emosi sekaligus mengarahkan Anda bagaimana menghasilkan tembakan-tembakan yang tepat pada sasaran. Sidebeep dapat mempertemukan anda dengan trainer yang anda butuhkan sesuai dengan pilihan yang anda inginkan. Semoga bermanfaat!

Berlatih Tenis Bersama Profesional Tenis Trainer

Berlatih Tenis Bersama Profesional Tenis Trainer

Berlatih Golf Untuk Kelangsungan Bisnis Anda

Berlatih Golf Untuk Kelangsungan Bisnis Anda